iklan

Mengharukan... 5 Pengorbanan Seorang Ayah yang Kadang Tak Disadari Anaknya

ADSENSE Link Ads 200 x 90
ADSENSE 336 x 280
Mengharukan... 5 Pengorbanan Seorang Ayah yang Kadang Tak Disadari Anaknya

Jika dibandingkan dengan seorang ibu, derajat ayah memang berada tiga tingkat dibawahnya. Hal ini karena peran seorang ibu dalam membesarkan anaknya memang lebih besar daripada seorang ayah. Bahkan surga yang menjadi tempat paling indah dan diimpikan setiap orang, berada di bawah telapak kaki ibu. Ini menjadi bukti kuat mengapa seorang ibu lebih istimewa daripada ayah.

Namun ayah bukannya tanpa pengorbanan. 
Bisa dibilang peran ayah tak terlihat dan sulit untuk dirasakan anaknya. Tak seperti ibu yang selalu menemani anaknya, seorang ayah lebih sering berkutat dengan pekerjaannya untuk memberi nafkah kepada keluarganya. Nah pada kesempatan kali ini, mari sejenak kita bahas tentang apa saja pengorbanan seorang ayah kepada anaknya.

1. Bekerja keras mulai terbitnya matahari sampai terbenam kembali

Hal yang wajib dilakukan seorang ayah adalah memberi nafkah kepada keluarganya. Ini sudah menjadi kewajiban mutlak bagi ayah. Untuk itulah mereka (para ayah) akan selalu bekerja keras demi mendapatkan uang supaya anak dan istrinya tidak terlantar.

Apakah kalian lupa siapa yang memberi uang saku kalian setiap hari ? Okelah yang memberi uang adalah ibu, tapi yang orang yang bekerja keras untuk mendapatkan uang tersebut adalah ayah.
2. Tanpa ayah, kamu tidak akan lahir di dunia ini

Pasti kalian akan menyangkal kalimat di atas dengan berkata seperti ini, “Kami lahir dari rahim ibu bukan ayah”. Well, sepertinya ada yang salah dalam pemikiran kalian. Secara logikanya seperti ini, sebelum berbentuk manusia, pada awalnya kita adalah zigot. Nah zigot ini terbentuk dari pertemuan antara sel telur (dari ibu) dan sperma (dari ayah).

Jika tidak ada ayah, bagaimana sel telur bertemu dengan sperma? Sudah pasti kalian tidak akan lahir di dunia ini. Untuk selanjutnya, silahkan tanyakan hal seperti ini kepada ayah dan ibu kalian.

3. Ayah sebagai pelindung keluarga

Secara fisik, ayah memang lebih kuat daripada ibu. Hal inilah yang membuat setiap ayah memiliki naluri untuk selalu melindungi keluarganya dari ancaman bahaya. Tak hanya sebagai pelindung keluarga, tetapi ayah juga akan mengajarkan kepada anaknya cara melindungi diri sendiri. Sebab orang tua tidak mungkin selalu bersama anaknya setiap waktu.

4. Tetap bekerja meski fisik kadang tak bisa diajak kompromi

Ayah juga manusia biasa yang terkadang fisiknya akan menurun, entah karena penyakit atau faktor usia. Namun bagi seorang ayah, bagaimana pun kondisi fisiknya, ia harus tetap bekerja mencari uang. Dalam pikirannya, jika satu hari saja ia tidak bekerja, mau makan apa anak dan istrinya.

Pernah enggak sih kalian berpikir demikian? Melihat kondisi ayah yang semakin hari semakin menurun. Tetapi mereka rela menahan sakit demi mencari uang. Atau coba perhatikan saat ayah pulang kerja, mungkin saat bertemu denganmu ia akan tersenyum seolah tidak merasakan apa-apa. Tapi di dalam kamar, ayah kadang merasa sangat lelah setelah seharian mencari nafkah.
5. Pengorbanan tanpa batas

Cerita menarik datang dari negeri China. Seorang pria rela dihajar habis-habis oleh siapapun tetapi dengan syarat satu pukulah harus membayar 10 yuan. Pria tersebut melakukan demikian untuk membiayai operasi anaknya yang mengidap penyakit myeloid leukemia sebesar 700.000 yuan.

Dari sepenggal cerita di atas membuktikan bahwa pengorbanan seorang ayah tanpa batas. Mereka rela mati demi anaknya. Bahkan pernah ada suatu kejadian dimana seorang ayah rela menjual ginjalnya untuk membiayai kuliah anaknya. Sungguh luar biasa pengorbanan seorang ayah.

Dari beberapa ulasan singkat di atas semoga kalian mengingat tak hanya pengorbanan dari ibu, tetapi juga ayah. Kadang banyak dari kita tidak tahu pengorbanan ayah, sebab mereka (ayah) cenderung menutupi ‘aksinya’ dari anaknya




 Baca Juga:
ADSENSE 336 x 280 dan ADSENSE Link Ads 200 x 90